Tom And Jerry dan Semangkuk Tekwan


“TOM n JERRY dan Semangkuk Tekwan”
Mentari indah bersinar terang hari ini, kicauan burung yang merdu terdengar begitu syahdu di telinga. Sungguh indah suasana pagi itu, pohon-pohon yang bergoyang seakan melambaikan tangannya menyapa para siswa putih abu-abu yang hulu hilir memasuki gerbang sekolah, tak terkecuali Vanya Cantika, gadis remaja 16 tahun yang memiliki mata kecoklatan, berambut ikal sebahu dan berkulit sawo matang.
Pagi Pak,aduh gimana sih bapak ini ? pagi-pagi kok udah ngelamun entar kesambet hantu jengglot baru tau rasa…” sapa Vanya pada satpam sekolahnya.                                                                                                                     Eh neng Vanya, engga neng bapak tu bukannya ngelamun tapi cuman bengong aja”,mencoba mengelak.    Sama aja kali pak, ya udah deh Vanya ke kelas dulu ya pak…”
Dengan berjalan gontai Vanya menuju ke kelasnya. senyum lebar selalu menghiasi wajah imut miliknya.Seperti biasa sepanjang lorong menuju kelas adik-adik tingkatannya selalu ada saja yang menyapa, maklum Vanya tergolong salah satu anggota osis teramah di sekolahnya. wajar saja banyak adik, kakak, maupun teman sebaya yang menyukai dirinya.                        Braaaaaaaaaaakkkkkkkkkk………..,
Vanya terjatuh dengan keras, buku yang dipegangnya pun jatuh berantakan. Seseorang yg menumbur pun juga terjatuh.                                                                                                                                                                           Iiiiiiiii…. Dasar engga ada mata ya loe, main tubruk-tubruk orang seenaknnya aja, pungutin engga buku-buku gue yang udah loe jatuhin“, sambil membersihkan baju seragamnya Vanya marah-marah.
Eh loe tu yang jalan pake dengkul, udah jelas-jelas loe yang nubruk gue malah loe yang marah-marah, emang dasar cewek aneh,” seseorang yang menubruknya balik marah pada Vanya. Karena engga terima dikatain cewek aneh Vanya balik lebih marah.                                                                                                    Enak aja ngatain gue cewek aneh, Loe tu cowok norak !                                                                                            Apaan sih engga penting banget deh ngeladenin cewek kayak loe tu, mending gue ngobrol sama cicak dari pada sama loe” ucap si cowok sambil berlalu meninggalkan Vanya.                                                                     Dasar cowok belagu, sok gaya, gue sumpahin pulang sekolah nanti motor loe rusak”,teriak Tiara.                                                                                                                                                                                                             “   Motor gue itu motor mahal jadi engga mungkin rusak kalau iri bilang aja”  balas si cowok teriak.
            Vanya berdiri dan langsung masuk ke kelas, tak ada senyum lagi yang ia pasang hanya muka kusut akibat kejadian tadi.                                                                                                                                                                Awas aja tu Vino, liat aja nanti bakalan gue bales” gerutunya dalam hati.
 Vino dan Vanya adalah musuh bebuyutan sejak SD hingga sekarang engga pernah ada yang namanya pertemanan dalam kamus mereka. Padahal mereka itu tetanggaan, satu organisasi, malah sejak TK sampai SMA mereka selalu masuk dalam sekolah yang sama dan sering di tempatkan dalam bidang pekerjaan yang sama. Namun sampai sekarang tak ada seorang pun yang dapat menyatukan Tom n Jerry satu ini.
Van, Ada apa tuh muka kayak engga digosok, kusut banget”, tanya Sisi teman sebangkunya.
“ Biasa
Si, tuh si kucing norak pagi-pagi buat masalah aja.”
Aduuhh Van, kapan sih loe ama Vino tu engga berantem sehari aja? Emangnya susahnya kalo sehari aja kalian damai”.
What damai, oh no… mending gue megang kucing dari pada damai ama orang kayak gitu,”
Eh jangan ngomong kayak gitu, nanti kalo loe baikan ama dia gimana? emang loe mau megang kucing, liatnya aja loe udah lari”
Denger  ya Sisi yang manis, cantik, baik hati dan suka memberi kalo ada yang namanya lebaran monyet didunia ini gue baru mau temenan ama Vino
Jadi kalo ada lebaran monyet loe mau yah temenan sama Vino?” tanya Sisi agak bloon.
Aduh susah yah punya temen yang telmi” Vanya sambil memegang kepala temannya. “Udah deh Si engga usah dibahas lagi tuh udah ada pak Ridwan entar kita kena marah.
Saat dikantin.
Vin, tadi kata pembina pulang sekolah kita ada rapat buat perpisahan kakak kelas tiga, kumpulnya di aula sekolah”  ucap Anggar sambil menyeruput minuman bersodanya.
“ Rapat yah, he
mm males deh gue izin aja yah”
Kebiasaan, pasti gara- gara Vanya yah?”
Vanya siapa gue engga kenal tu, teman gue engga ada yang namanya Vanya” dengan judesnya Vino menjawab pertanyaan Anggar.
Hemm, kenapa sih loe ama Vanya tu engga bisa baik, padahal orang tua kalian tu temenan baik loh lagian juga kok kalian tahan sih tetanggaan tapi engga teguran kayak gitu?”.
“ Huuu,
Dengar ya Anggar, sampek ayam berkaki empat pun gue engga bakalan balikan sama Tikus got itu udah aneh, cerewet lg, ampun deh”
Jangan gitu dong, walau gimanapun juga Vanya itu pernah jadi temen loe kan, kalo kata sepupuh gue yang di Pantai Selatan itu, benci bisa jd cinta loe”.
Emang gue pikirin ? mending gue cium tikus daripada gue temenan ama orang kayak gitu”.
“Alah,
Laga loe Vin denger suara tikus aja udah ngacir boro-boro mau melihara”
Vino tak menjawab lagi apa kata temannya, namun di dalam hati dia menggerutu kalo dia engga bakalan mau temenan lagi sama si Vanya.

“ Perhatian, untuk seluruh anggota OSIS harap segera berkumpul di aula setelah bel pulang sekolah dibunyikan” terdengar suara nyaring dari speaker sekolah.                                                                                             Si gue izin yah engga ikut rapat sakit perut nih” sambil memasang muka melas Vanya menyampaikan ketidak bisa hadirannya.                                                                                                                                                          Seperti sudah tau sifat sahabatnya Sisi tersenyum “ udah deh Van engga usah ngeles pokoknya loe harus ikut rapat jangan cuman gara-gara Vino loe jd engga ikut”.
Hehe,,.. Kok loe tahu sih?”.
’Ya iyalah, Berapa lama sih kita sahabatan?”.
Tapi Si gue males banget ngeliat mukanya Vino”.
Engga ada tapi-tapian” ucap Sisi sambil berlalu.
Vanya terpaksa mengikuti rapat pada hari itu, dengan muka malas dia menyusuri lorong kelas dan menuju ke aula. Sama dengan Vino si kucing bebuyutannya dengan susah payah Anggar menyeretnya agar bisa sampai ke aula tempat mereka rapat.
Eh gue duluan.
Apa sih gue dulu yang dateng, jadi  gue yang berhak masuk duluan”
“ di mana-mana ladies first tw
engga?
Engga bisa gitu dong!”.
Eh Eh.. udah berhenti, stop..” relai Sisi dan Anggar berbarengan
Dasar Tom n Jerry, engga bisa apa engga ribut bareng sehari aja kita ni mau rapat kalo kalian ribut terus di depan pintu kapan masuk aulanya” ujar salah satu rekan osis mereka.
Vanya dan Vino terdiam, akhirnya Vino mengalah dan Vanya msuk duluan.
Coba aja dulu Vino engga nyebarin kata-kata kalo Vanya suka sama dia, pasti kata- kata permusuhan itu engga bakalan ada di kamus mereka berdua.
Eh tau engga Vanya tu suka sama aku, dia bilang sama mamanya.” Itu ucapan Vino yang selalu ngebuat Vanya selalu benci dengannya sampe kalo ada cowok yang nembak, dia engga pernah bilang aku juga cinta sama kamu,Vanya seakan trauma dengan kejadian itu yang ngebuat dia dan Vino kayak Tom n Jerry.                                                                                                                                                                                       Seperti biasanya sebelum tidur Vanya menulis sesuatu di diarynya, padahal kalo ada orang yang baca diary itu pasti dijamin bakalan malek, habis ceritanya cuman tentang berantem dia sama Vino, kayak yang di tulisnya malam ini:
“Aduuhhh, Kapan sih gue bisa lupa sama kejadian waktu kecil dulu? Dasar Vino gara-gara dia gue jadi benci kalo ngucapin kata cinta sama orang lain, coba kalo dulu dia engga kegeeran kan engga kayak gini. Diary, Sebenarnya kalo ingat saat-saat kami masih temenan dulu aku rasanya engga mau musuhan sama dia, tapi dia tu nyebelin banget tahu engga diary, masak tadi pagi dia numbur aku, engga bilang minta maaf lagi, males banget deh liat mukanya dia tu kayak kucing jelek banget, sok gaya, emang dia fikir dia ganteng. Dasar cowok norak”
Begitu cara Vanya mengapresiasikan kekesalannya setiap kali dia bertengkar dengan kucing noraknya Vino. Namun begitu Vanya begitu juga dengan Vino, setelah ada pertengkaran dengan Vanya setiap menjelang tidur dia selalu merenung dengan pertengkaran yang selalu saja tak bisa dielakkannya.
Hemm, Ada apa sebenarnya dengan Vanya? Mengapa dia begitu benci sama gue? Apa sih salah gue sampek-sampek matanya selalu menyinarkan kebencian tiap kali ketemu gue? Sebenarnya dia tuh anak yang baik tapi kok dia bisa yah segitu marah dan bencinya sama gue? Dasar cewek aneh”. Vino bertanya-tanya dalam renungannya.
Yaaaaa,, aneh tapi nyata memang itu la yang terjadi antara mereka berdua, pertengkaran yang selalu terjadi membuat kebencian mendalam di hati mereka, namun saat mengingat memori persahabatan mereka waktu kecil, rasanya mereka pengen banget  kayak dulu lagi.
**                                                                                                                                                              
 Vin, tolong mama yah anterin tekwan ini kerumahnya tante Neli” teriak Mama Vino menyuruhnya.
Sambil menuruni tangga
Vino menjawab “ Ke rumah tante Neli ma? Ah enggak deh males, mama aja sendiri yang nganterin”
“ Mama lagi banyak kerjaan ni
Vin”
Yaa mama, males ah”
Vino, rumah tante Neli kan di sebelah, masak nganter ke sebelah aja kamu engga mau”
Vino males nanti ada si trikus aneh itu lagi”
Tikus aneh?” mama bingung.
Itu ma si Vanya”
Kamu kok gitu sih Vin, bukannya kamu sahabatan sama Vanya kenapa bilang kayak gitu?
Iiii mama, sorry yee siapa yg mau jadi sahabat tikus aneh kayak dia”
Kamu ini, udah mama engga mau tau pokoknya anterin itu tekwan ke tempat tante Neli”
Iya deh”.                                                                                                                                          
   Sambil kesal Vino membawa semangkuk tekwan ke rumah Vanya.
Assalamu’alaikum, tante Neli” teriak Vino dari balik pintu yang terbuat dari kayu jati bermotifkan bunga mawar itu.
Iya,” sambil membuka pintu “ Eh Vino, masuk dulu” suruh Mama Vanya dengan ramah.
Emmgghhh,, engga deh tante, nih mau nganterin tekwan buatan mama” sambil menyodorkan semangkok tekwan.
Oh makasih ya Vin, bilangin juga sama mamanya”.
Iya tante, permisi dulu yah.
Vino berjalan gontai menuju rumahnya, sementara Vanya bangun dari tidurnya karena hidungnya yang agak mancung ke dalam itu mencium bau tekwan mamanya Vino. Maklum si maniak tekwan ini paling engga bisa nyium bau tekwan sedikit pun,                                                       
 Mama… masak tekwan yah” sambil menyeruput kuah tekwan diatas meja.
Enggak Van tadi dianterin sama Vino”                                                                                                                                     
 Seolah tertelan biji duren, Vanya langsung keselek.                                                                                
  Apa ma, Vino? Mama kok engga ngomong dari tadi sih”
Loh emang kenapa kalo Vino yang anterin ?
Vanya terdiam karena engga mungkin dia bilang kalo dia sama Vino kayak Tom n Jerry selalu musuhan. Soalnya kalo sampe mama dan papanya tau pasti dia disuruh minta maaf dan temenan lagi sama Vino, mimpi buruk banget bagi Vanya.
***
Pagi itu semua anggota osis berkumpul di aula.
Perpisahan tinggal 1 bulan lagi, saya harap rekan osis siap untuk meluangkan waktu dan pikirannya. Semoga perpisahan tahun ini lebih baik dari sebelumnya” ucap ketua Osis.
Setelah selesai mendengar pengarahan dari ketua dan pembina, seluruh anggota Osis termasuk Vino dan Vanya kembali ke kelas, dengan saling membuang muka mereka berjalan gontai menyusuri kelas. Hari itu aneh bagi orang-orang di sekeliling mereka karena engga seperti biasanya mereka kayak gitu, engga ada keributan Tom n Jerry hari ini semua damai tentram .
Vin, tumben loe hari ini engga ribut sama Vanya. Di rapat tadi kalian juga biasa aja kesambet setan apa kalian berdua?” tanya Anggar.                                                                               
 Vino hanya menjawab dengan menaikan bahu dan mengerjitkan jidatnya.                                      
 Ternyata semalam Vino dan Vanya kena semprot oleh orang tua mereka masing-masing karena permusuhan mereka selama ini.  Orang tua Vanya mereka meminta agar mereka tak lagi bermusuhan alhasil sejak pagi tadi Vina dan Vanya engga berani adu mulut.
            Rencananya malam ini kedua tetangga itu ingin mengadakan makan malam di rumah Vino, sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi antartetangga. Tapi Vino dan Vanya bersihkeras engga mau ikut tapi dengan paksaan dari orang tua akhirnya mereka menyetujui dengan muka ditekuk.                                                                                                                                     
Assalamu’alaikum”. Papa Vanya mengetuk pintu rumah Vino.
Wa’alaikumsalam, eh jeng Neli masuk yuk makan malamnya baru saja siap” mama Vino sambil mempersilakan masuk.
Vanya dan orang tuannya berjalan asuk ke rumah Vino, di meja makan telah ada Vino dan papanya tengah menunggu. Vino yang melihat Vanya rasanya ingin sekali marah-marah pada tikus anehnya itu begitu juga Vanya tangannya udah engga sabar buat ngerobek-robek muka kucing noraknya itu. Tapi sayangnya mereka engga bisa berbuat apa-apa engga mungkin mereka ribut di depan orang tua mereka, yang ada malah tambah runyem kejadiannya. Malam itu makan malam berjalan dengan santai dan penuh cerita namun lain hanya dengan Tom n Jerry satu ini,.
Uukkhhh, mau muntah gue liat kucing norak itu, ngilangi nafsu makan aja”, gerutunya dalam hati sambil berdiri “ Tante Vanya ke belakang, boleh?”.
Boleh dong Vanya, masak engga boleh” jawab Mama Vino.
Dengan senyum Vanya berjalan ke belakang, namun bukan ke kamar mandi tapi ia menghentikan langkahnya di pinggir kolam renang Vino. Ia mengungkapkan semua kekesalannya yang terpendam selama makan tadi, suasana yang sebenarnya nyaman bagaikan di padang pasir bagi Vanya.
 Huuu males banget sih makan malam kayak gini, bukannya makan malam gue malah makan hati, mana di depan mata ada si kucing norak lagi buat nafsu makan gue keganggu aja ” sambil melempari kerikil di kolam. namun Vanya tak menyadari bahwa dari tadi ada sepasang mata yang tengah mengawasinya dan mendengar semua ucapannya.
Eh tikus aneh, loe kira gue mau apa makan malam sama loe kayak gini, kalo bukan mama yang maksa gue juga engga mau mending gue emgga makan daripada makan bareng sama orang aneh kayak loe” Vino berucap dan mengejutkan Vanya.
Dasar norak denger ya emang gue sudi apa makan malam sama loe engga usah sok deh yah” Vanya balik membentak.
Udah deh Van engga usah munafik deh, emang itu pengen loe kan biar makan gratis, engga salah sih masakan mama gue kan emang enak”.
Seakan dipukul-pukul hati Vanya langsung bergetar saat mendengar ucapan Vino yang menyakitkan baginya,
Loe tu emang engga pernah berubah yah Vin dari dulu, selalu aja nuduh yang enggak-enggak soal gue, cukup ya Vin gue udah muak denger semua kata yang loe lontarin yang ngebuat hati gue sakit. Asal loe tau sikap loe yang kegeeran itu yang ngebuat gue jijik ngeliat loe dan karena ulah loe dulu sampe sekarang gue engga pernah berani ngucapin kata cinta sama orang lain, sikap loe itu ngebunuh rasa cinta gue sama orang lain. Coba kalau dulu loe engga kegeeran dan engga nyebarin sama semua temen-temen kalo gue suka sama loe, anak-anak engga mungkin pada ngejek gue, mereka engga bakalan musuhin gue, emang loe tu manusia engga punya hati, gue benci ama loe dan satu lagi asal loe tau gue engga pernah suka sama loe dari dulu sampai kapanpun.” Sambil menghapus air mata Vanya berlari meninggalkan Vino dan rumahnya. Mama dan papa Vanya pun heran mereka menjerit dan memanggil Vanya namun engga ada respon dari Vanya.                                                            
 Di balkon kamarnya Vanya merenung dan makin membenci Vino, teringat jelas memori menyakitkannya masa dulu. Dan begitu juga Vino semalaman ia tak dapat tidur karena ucapan Vanya tadi masih terngiang jelas di telinganya. Ada rasa bersalah dan menyesal dihatinya. Kini ia menyadari apa yang selama ini menjadi penyebab dia dan Vanya bagaikan Tom n Jerry.
Apa benar dulu aku ngelakuin semua itu, Tuhan wajar aja Vanya begitu benci setiap kali ngeliat aku, sejahat itu kah aku ? Vanya maafin aku, aku pengen kita temenan kayak dulu lagi” ada butiran bening menetes di pipi Vino saat ia menyadari akan semua hal yang terjadi selama ini, ia memiliki niat untuk minta maaf pada Vanya agar persahabatan mereka bisa kayak dulu lagi.
***                                                                                                                                        
  Hari ini adalah hari-hari yang sibuk bagi seluruh pengurus Osis karena lusa mereka akan mengadakan perpisahan anak-anak kelas XII. Di selang kesibukan itu Vino mencari Vanya karena beberapa hari ini semenjak makan malam itu dia selalu merasa bersalah dengan Vanya. Namun seharian ini dia engga melihat Vanya biasanya kan dia selalu saja ngebikin lelucuan di antara osis. Mata Vino tertuju pada seseorang yang sedang berdiri di tangga memasang dekorasi di sudut ruangan Vino mendekat dan benar itu Vanya.
Eeemm, Van” sambil mencolek betis Vanya.
Sontak Vanya kaget karena dia cuman memfokuskan untuk memasang dekorasi. Lalu ia terjatuh.
“ aaaawwwwwww” teriak
Vanya.
Saat ia membuka mata ternyata ia melihat Vino yang tengah memeluknya, Vanya menjerit dan langsung melepaskan diri.
Apa-apaan sih, engga usah kurang ajar yah”.
Maaf Van gue cuman mau nolongin loe”
“ OOO… yaa udah makasih” jawab Vanya dengan jutek.
Van, gue mau ngomong ama loe, mau yah” pinta Vino
Engga liat apa gue lagi banyak kerjaan, lagian tumben loe mau ngomong ama gue sorry, buat loe gue engga ada waktu”
Tapi Van gue cuman mau minta maaf aja ama loe, gue ngaku dulu gue emang salah gue juga udah tau kenapa selama ini loe selalu bersikap kayak gitu sama gue”
Syukur deh kalo loe udah nyadar, sorry yah gue lag sibuk”. Vanya sambil berlalu.
Vanya pergi tanpa menoleh lagi ke arah Vino, kebencian dan kekesalan makin meluncak hebat di hati gadis itu.
Kenapa Vin, tumben muka loe kayak gitu?” tanya Anggar.
Nggar, sekarang gue udah tau apa penyebab gue sama Vanya sampe kayak gini, gue nyesel Nggar, gue ngerasa bersalah banget”
Ya udah minta maaf aja”. Suruh Anggar.
Udah, tapi kayaknya Vanya udah beneran benci sama gue apa lagi gara-gara makan malam waktu itu pasti dia engga mau lagi sahabatan sama gue”. Jawab Vino dengan muka melasnya
Vino makin merasa bersalah apa lagi sejak makan malam waktu itu Vanya benar-benar seperti lenyap dari kehidupan Vino, engga ada lagi pertengkaran seperti biasanya, muka jutek dan mulut cerewetnya Vanya engga lagi ada dalam seminggu ini. Rasa rindu kemudian muncul di hati Vino dan ia menyadari tikus anehnya itu telah mengisi hari-harinya selama ini, dan disaat Vanya hilang dia bagaikan kucing yang tengah kelaparan mencari ikan.
***                                                                                                                                            
 Besok adalah hari perpisahan anak kelas tiga kesibukanpun memuncak di hari itu. Namun untungnya waktu istirahat pun selalu ada untuk mereka yang merasakan kelelahan.
“ cee ileeee Sisi asyik banget tuh ngobrol sama Anggar” goda Vanya pada Sisi yang dilihatnya tengah ketawa ketiwi bersama Anggar.
Apaan sih Van?”. Muka Sisi memerah
Ia nih Vanya ada-ada aja” timpal Anggar
Tapi Sisi tak menghiraukan mereka hidungnya tengah mengendus bau makanan kesukaannya, tekwan.
Tanpa basa basi lagi Vanya langsung melahap tekwan yang ada di depannya.
Waaahh,, kok kalian engga bilang sih kalo kalian beli tekwan”
Tekwan, itukan punya Vino van” ucap Anggar
Apa? Vino aduh kok kalian baru bilang sih, mana tekwannya udah habis lagi’’.             
   Ternyata Vino sudah ada di depan mereka, melihat mangkok tekwannya sudah kosong Vino hanya tersenyum. Tapi tak lama kemudian muka vanya berubah melas, ia berdiri sambil memegangi perutnya.
 Van loe kenapa ?” tanya Sisi.
Engga tau nih perut gue sakit, gue ke wc dulu yah”. Sambil terbirit-birit Vanya berlari menuju kamar kecil.
Sisi, Anggar dan Vino heran, tapi Vino ingat sesuatu.
Yaa ammpuuunnn,, tu tekwan kan gue kasih obat pencuci perut”. Vino sambil memukul  jidatnya
‘’ Kok bisa sih Vin?” tanya Anggar.
Iya, dari kemarein tu gue susah BAB, makanya tadi pas gue makan tekwannya gue kasih obat” jelas Vino.
Sementara itu Vanya dari tadi bolak balik kamar kecil dan setelah selesai dia langsung menghampiri Vino.
Eh Vino, emang jahat ya loe, dasar norak. Loe sengajakan bikin gue sakit perut kayak gini”.
Aduh Van sumpah gue emang engga bermaksud kayak itu tapi………
Penjeasan
Vino terputus, Vanya langsung menimpali “ Udah deh engga usah ngeles, denger yah Vin loe boleh benci sama gue, tapi engga gini caranya, dasar kucing norak.” Vanya memukul bahunya Vino sambil berlalu.
Kayaknya loe emang udah beneran benci Van sama gue, maafin gue yah?Vino hanya menyesal dalam hati.
****                                                                                                                                      
  Hari ini adalah puncak acara perpisahan kelas XII, semua tamu, wali murid dan siswa purnawisuda berdatangan. Tapi Vino engga ngeliat batang hidungnya Vanya.
Si, Vanya mana? Belum datang yah?” tanya Vino pada Sisi
Katanya sih hari ini dia engga dateng Vin, katanya dia sakit.”
Vino terdiam, dia berpikir Vanya sakit pasti karena kejadian kemarin.
Rangkaian acara pun telah terlaksanakan dengan baik, semua berjalan dengan lancar semua tamu bergiliran meninggalkan lapangan, suasana suka duka pun masih menghiasi acara perpisahan itu, begitu juga Vino di samping aula yan menghadap ke arah rerumputan hijau beraura sejuk itu dia duduk bersama Anggar dan menceritakan semua penyesalan terhadap sikapnya.
Vanya sakit Nggar pasti gara-gara gue yang sembrono naruh tekwan itu”
Tapi kan itu semua engga sengaja, kan tekwan itu kemarin bukan buat Vanya, dia aja yang engga bisa nyium bau tekwan sedikitpun main ambil aja.”
Vino hanya diam.
Gimana kalo kita jenguk ke rumahnya aja Vin”
Engga Nggar, dia pasti tambah sakit kalo ngeliat gue, dia kan udah benci banget sama gue. Jujur Nggar gue nyesel banget setelah gue denger omongan Vanya waktu makan malam itu pasti hatinya sakit banget gue juga nyesel udah buat dia takut ngomong kata cinta sama orang lain kayaknya dia trauma gara-gara gue. Gue kangen Nggar sama kejahilannya dia, cerewetnya dia, berantem sama dia, semuanya hilang dari kehidupan gue gara-gara waktu itu.” Vino menjelaskan tanpa ia sadari butiran bening menetes di pipinya.
Gue juga kangen sama kucing norak gue”.
Vino dan Anggar terdiam,  mereka terkejut siapa lagi yang punya kata-kata kucing norak untuk Vino selain Vanya.
Mereka berdua menoleh ke arah sumber suara, ternyata di belakang mereka sudah ada Vanya dan Sisi.
Vanya” Vino terkejut.
Ya, gue kangen sama berantemnya kita, hari-hari gue hampa kayak sayur tanpa garam kalo engga ada loe Vin”
Vanya, maafin gue yah gue ngaku gue salah dan soal tekwan itu…
Gue udah tau semuanya, gue juga udah tau apa yang sebenarnya yang terjadi waktu dulu, gue juga minta maaf yah udah salah nilai loe selama ini,”
Jadi, loe mau sahabatan sama gue lagi?” pinta Vino sambil memegang tangan Vanya.
Ah engga mau, nanti gue engga bisa berantem lagi sama loe”.
Vino melepaskan tangannya dari Vanya, ia kecewa mendengar jawaban Vanya.
Tapi, kalo loe mau traktir gue semangkuk tekwan tiap minggu gue mau sahabatan sama loe lagi” ucap Vanya sambil tersenyum.
Begitu gembira Vino mendengar ucapan Vanya hingga ia memeluk sahabatnya itu. “ Jangankan semangkuk, segerobakpun gue beliin”.
Ceeeeeee ileeeeeeeeee,,, suuiiittt… suuiiittt….”. riuh terdengar suara rekan-rekan osis yang ternyata sedari tadi melihat kejadian langkah itu tepuk tanganpun begitu meriah.
Ternyata gara-gara semangkuk tekwan Tom n Jerry jadi sahabatan” ucap Sisi yang dibarengi oleh tawa mereka yang melihat kejadian semua itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Tom And Jerry dan Semangkuk Tekwan


“TOM n JERRY dan Semangkuk Tekwan”
Mentari indah bersinar terang hari ini, kicauan burung yang merdu terdengar begitu syahdu di telinga. Sungguh indah suasana pagi itu, pohon-pohon yang bergoyang seakan melambaikan tangannya menyapa para siswa putih abu-abu yang hulu hilir memasuki gerbang sekolah, tak terkecuali Vanya Cantika, gadis remaja 16 tahun yang memiliki mata kecoklatan, berambut ikal sebahu dan berkulit sawo matang.
Pagi Pak,aduh gimana sih bapak ini ? pagi-pagi kok udah ngelamun entar kesambet hantu jengglot baru tau rasa…” sapa Vanya pada satpam sekolahnya.                                                                                                                     Eh neng Vanya, engga neng bapak tu bukannya ngelamun tapi cuman bengong aja”,mencoba mengelak.    Sama aja kali pak, ya udah deh Vanya ke kelas dulu ya pak…”
Dengan berjalan gontai Vanya menuju ke kelasnya. senyum lebar selalu menghiasi wajah imut miliknya.Seperti biasa sepanjang lorong menuju kelas adik-adik tingkatannya selalu ada saja yang menyapa, maklum Vanya tergolong salah satu anggota osis teramah di sekolahnya. wajar saja banyak adik, kakak, maupun teman sebaya yang menyukai dirinya.                        Braaaaaaaaaaakkkkkkkkkk………..,
Vanya terjatuh dengan keras, buku yang dipegangnya pun jatuh berantakan. Seseorang yg menumbur pun juga terjatuh.                                                                                                                                                                           Iiiiiiiii…. Dasar engga ada mata ya loe, main tubruk-tubruk orang seenaknnya aja, pungutin engga buku-buku gue yang udah loe jatuhin“, sambil membersihkan baju seragamnya Vanya marah-marah.
Eh loe tu yang jalan pake dengkul, udah jelas-jelas loe yang nubruk gue malah loe yang marah-marah, emang dasar cewek aneh,” seseorang yang menubruknya balik marah pada Vanya. Karena engga terima dikatain cewek aneh Vanya balik lebih marah.                                                                                                    Enak aja ngatain gue cewek aneh, Loe tu cowok norak !                                                                                            Apaan sih engga penting banget deh ngeladenin cewek kayak loe tu, mending gue ngobrol sama cicak dari pada sama loe” ucap si cowok sambil berlalu meninggalkan Vanya.                                                                     Dasar cowok belagu, sok gaya, gue sumpahin pulang sekolah nanti motor loe rusak”,teriak Tiara.                                                                                                                                                                                                             “   Motor gue itu motor mahal jadi engga mungkin rusak kalau iri bilang aja”  balas si cowok teriak.
            Vanya berdiri dan langsung masuk ke kelas, tak ada senyum lagi yang ia pasang hanya muka kusut akibat kejadian tadi.                                                                                                                                                                Awas aja tu Vino, liat aja nanti bakalan gue bales” gerutunya dalam hati.
 Vino dan Vanya adalah musuh bebuyutan sejak SD hingga sekarang engga pernah ada yang namanya pertemanan dalam kamus mereka. Padahal mereka itu tetanggaan, satu organisasi, malah sejak TK sampai SMA mereka selalu masuk dalam sekolah yang sama dan sering di tempatkan dalam bidang pekerjaan yang sama. Namun sampai sekarang tak ada seorang pun yang dapat menyatukan Tom n Jerry satu ini.
Van, Ada apa tuh muka kayak engga digosok, kusut banget”, tanya Sisi teman sebangkunya.
“ Biasa
Si, tuh si kucing norak pagi-pagi buat masalah aja.”
Aduuhh Van, kapan sih loe ama Vino tu engga berantem sehari aja? Emangnya susahnya kalo sehari aja kalian damai”.
What damai, oh no… mending gue megang kucing dari pada damai ama orang kayak gitu,”
Eh jangan ngomong kayak gitu, nanti kalo loe baikan ama dia gimana? emang loe mau megang kucing, liatnya aja loe udah lari”
Denger  ya Sisi yang manis, cantik, baik hati dan suka memberi kalo ada yang namanya lebaran monyet didunia ini gue baru mau temenan ama Vino
Jadi kalo ada lebaran monyet loe mau yah temenan sama Vino?” tanya Sisi agak bloon.
Aduh susah yah punya temen yang telmi” Vanya sambil memegang kepala temannya. “Udah deh Si engga usah dibahas lagi tuh udah ada pak Ridwan entar kita kena marah.
Saat dikantin.
Vin, tadi kata pembina pulang sekolah kita ada rapat buat perpisahan kakak kelas tiga, kumpulnya di aula sekolah”  ucap Anggar sambil menyeruput minuman bersodanya.
“ Rapat yah, he
mm males deh gue izin aja yah”
Kebiasaan, pasti gara- gara Vanya yah?”
Vanya siapa gue engga kenal tu, teman gue engga ada yang namanya Vanya” dengan judesnya Vino menjawab pertanyaan Anggar.
Hemm, kenapa sih loe ama Vanya tu engga bisa baik, padahal orang tua kalian tu temenan baik loh lagian juga kok kalian tahan sih tetanggaan tapi engga teguran kayak gitu?”.
“ Huuu,
Dengar ya Anggar, sampek ayam berkaki empat pun gue engga bakalan balikan sama Tikus got itu udah aneh, cerewet lg, ampun deh”
Jangan gitu dong, walau gimanapun juga Vanya itu pernah jadi temen loe kan, kalo kata sepupuh gue yang di Pantai Selatan itu, benci bisa jd cinta loe”.
Emang gue pikirin ? mending gue cium tikus daripada gue temenan ama orang kayak gitu”.
“Alah,
Laga loe Vin denger suara tikus aja udah ngacir boro-boro mau melihara”
Vino tak menjawab lagi apa kata temannya, namun di dalam hati dia menggerutu kalo dia engga bakalan mau temenan lagi sama si Vanya.

“ Perhatian, untuk seluruh anggota OSIS harap segera berkumpul di aula setelah bel pulang sekolah dibunyikan” terdengar suara nyaring dari speaker sekolah.                                                                                             Si gue izin yah engga ikut rapat sakit perut nih” sambil memasang muka melas Vanya menyampaikan ketidak bisa hadirannya.                                                                                                                                                          Seperti sudah tau sifat sahabatnya Sisi tersenyum “ udah deh Van engga usah ngeles pokoknya loe harus ikut rapat jangan cuman gara-gara Vino loe jd engga ikut”.
Hehe,,.. Kok loe tahu sih?”.
’Ya iyalah, Berapa lama sih kita sahabatan?”.
Tapi Si gue males banget ngeliat mukanya Vino”.
Engga ada tapi-tapian” ucap Sisi sambil berlalu.
Vanya terpaksa mengikuti rapat pada hari itu, dengan muka malas dia menyusuri lorong kelas dan menuju ke aula. Sama dengan Vino si kucing bebuyutannya dengan susah payah Anggar menyeretnya agar bisa sampai ke aula tempat mereka rapat.
Eh gue duluan.
Apa sih gue dulu yang dateng, jadi  gue yang berhak masuk duluan”
“ di mana-mana ladies first tw
engga?
Engga bisa gitu dong!”.
Eh Eh.. udah berhenti, stop..” relai Sisi dan Anggar berbarengan
Dasar Tom n Jerry, engga bisa apa engga ribut bareng sehari aja kita ni mau rapat kalo kalian ribut terus di depan pintu kapan masuk aulanya” ujar salah satu rekan osis mereka.
Vanya dan Vino terdiam, akhirnya Vino mengalah dan Vanya msuk duluan.
Coba aja dulu Vino engga nyebarin kata-kata kalo Vanya suka sama dia, pasti kata- kata permusuhan itu engga bakalan ada di kamus mereka berdua.
Eh tau engga Vanya tu suka sama aku, dia bilang sama mamanya.” Itu ucapan Vino yang selalu ngebuat Vanya selalu benci dengannya sampe kalo ada cowok yang nembak, dia engga pernah bilang aku juga cinta sama kamu,Vanya seakan trauma dengan kejadian itu yang ngebuat dia dan Vino kayak Tom n Jerry.                                                                                                                                                                                       Seperti biasanya sebelum tidur Vanya menulis sesuatu di diarynya, padahal kalo ada orang yang baca diary itu pasti dijamin bakalan malek, habis ceritanya cuman tentang berantem dia sama Vino, kayak yang di tulisnya malam ini:
“Aduuhhh, Kapan sih gue bisa lupa sama kejadian waktu kecil dulu? Dasar Vino gara-gara dia gue jadi benci kalo ngucapin kata cinta sama orang lain, coba kalo dulu dia engga kegeeran kan engga kayak gini. Diary, Sebenarnya kalo ingat saat-saat kami masih temenan dulu aku rasanya engga mau musuhan sama dia, tapi dia tu nyebelin banget tahu engga diary, masak tadi pagi dia numbur aku, engga bilang minta maaf lagi, males banget deh liat mukanya dia tu kayak kucing jelek banget, sok gaya, emang dia fikir dia ganteng. Dasar cowok norak”
Begitu cara Vanya mengapresiasikan kekesalannya setiap kali dia bertengkar dengan kucing noraknya Vino. Namun begitu Vanya begitu juga dengan Vino, setelah ada pertengkaran dengan Vanya setiap menjelang tidur dia selalu merenung dengan pertengkaran yang selalu saja tak bisa dielakkannya.
Hemm, Ada apa sebenarnya dengan Vanya? Mengapa dia begitu benci sama gue? Apa sih salah gue sampek-sampek matanya selalu menyinarkan kebencian tiap kali ketemu gue? Sebenarnya dia tuh anak yang baik tapi kok dia bisa yah segitu marah dan bencinya sama gue? Dasar cewek aneh”. Vino bertanya-tanya dalam renungannya.
Yaaaaa,, aneh tapi nyata memang itu la yang terjadi antara mereka berdua, pertengkaran yang selalu terjadi membuat kebencian mendalam di hati mereka, namun saat mengingat memori persahabatan mereka waktu kecil, rasanya mereka pengen banget  kayak dulu lagi.
**                                                                                                                                                              
 Vin, tolong mama yah anterin tekwan ini kerumahnya tante Neli” teriak Mama Vino menyuruhnya.
Sambil menuruni tangga
Vino menjawab “ Ke rumah tante Neli ma? Ah enggak deh males, mama aja sendiri yang nganterin”
“ Mama lagi banyak kerjaan ni
Vin”
Yaa mama, males ah”
Vino, rumah tante Neli kan di sebelah, masak nganter ke sebelah aja kamu engga mau”
Vino males nanti ada si trikus aneh itu lagi”
Tikus aneh?” mama bingung.
Itu ma si Vanya”
Kamu kok gitu sih Vin, bukannya kamu sahabatan sama Vanya kenapa bilang kayak gitu?
Iiii mama, sorry yee siapa yg mau jadi sahabat tikus aneh kayak dia”
Kamu ini, udah mama engga mau tau pokoknya anterin itu tekwan ke tempat tante Neli”
Iya deh”.                                                                                                                                          
   Sambil kesal Vino membawa semangkuk tekwan ke rumah Vanya.
Assalamu’alaikum, tante Neli” teriak Vino dari balik pintu yang terbuat dari kayu jati bermotifkan bunga mawar itu.
Iya,” sambil membuka pintu “ Eh Vino, masuk dulu” suruh Mama Vanya dengan ramah.
Emmgghhh,, engga deh tante, nih mau nganterin tekwan buatan mama” sambil menyodorkan semangkok tekwan.
Oh makasih ya Vin, bilangin juga sama mamanya”.
Iya tante, permisi dulu yah.
Vino berjalan gontai menuju rumahnya, sementara Vanya bangun dari tidurnya karena hidungnya yang agak mancung ke dalam itu mencium bau tekwan mamanya Vino. Maklum si maniak tekwan ini paling engga bisa nyium bau tekwan sedikit pun,                                                       
 Mama… masak tekwan yah” sambil menyeruput kuah tekwan diatas meja.
Enggak Van tadi dianterin sama Vino”                                                                                                                                     
 Seolah tertelan biji duren, Vanya langsung keselek.                                                                                
  Apa ma, Vino? Mama kok engga ngomong dari tadi sih”
Loh emang kenapa kalo Vino yang anterin ?
Vanya terdiam karena engga mungkin dia bilang kalo dia sama Vino kayak Tom n Jerry selalu musuhan. Soalnya kalo sampe mama dan papanya tau pasti dia disuruh minta maaf dan temenan lagi sama Vino, mimpi buruk banget bagi Vanya.
***
Pagi itu semua anggota osis berkumpul di aula.
Perpisahan tinggal 1 bulan lagi, saya harap rekan osis siap untuk meluangkan waktu dan pikirannya. Semoga perpisahan tahun ini lebih baik dari sebelumnya” ucap ketua Osis.
Setelah selesai mendengar pengarahan dari ketua dan pembina, seluruh anggota Osis termasuk Vino dan Vanya kembali ke kelas, dengan saling membuang muka mereka berjalan gontai menyusuri kelas. Hari itu aneh bagi orang-orang di sekeliling mereka karena engga seperti biasanya mereka kayak gitu, engga ada keributan Tom n Jerry hari ini semua damai tentram .
Vin, tumben loe hari ini engga ribut sama Vanya. Di rapat tadi kalian juga biasa aja kesambet setan apa kalian berdua?” tanya Anggar.                                                                               
 Vino hanya menjawab dengan menaikan bahu dan mengerjitkan jidatnya.                                      
 Ternyata semalam Vino dan Vanya kena semprot oleh orang tua mereka masing-masing karena permusuhan mereka selama ini.  Orang tua Vanya mereka meminta agar mereka tak lagi bermusuhan alhasil sejak pagi tadi Vina dan Vanya engga berani adu mulut.
            Rencananya malam ini kedua tetangga itu ingin mengadakan makan malam di rumah Vino, sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi antartetangga. Tapi Vino dan Vanya bersihkeras engga mau ikut tapi dengan paksaan dari orang tua akhirnya mereka menyetujui dengan muka ditekuk.                                                                                                                                     
Assalamu’alaikum”. Papa Vanya mengetuk pintu rumah Vino.
Wa’alaikumsalam, eh jeng Neli masuk yuk makan malamnya baru saja siap” mama Vino sambil mempersilakan masuk.
Vanya dan orang tuannya berjalan asuk ke rumah Vino, di meja makan telah ada Vino dan papanya tengah menunggu. Vino yang melihat Vanya rasanya ingin sekali marah-marah pada tikus anehnya itu begitu juga Vanya tangannya udah engga sabar buat ngerobek-robek muka kucing noraknya itu. Tapi sayangnya mereka engga bisa berbuat apa-apa engga mungkin mereka ribut di depan orang tua mereka, yang ada malah tambah runyem kejadiannya. Malam itu makan malam berjalan dengan santai dan penuh cerita namun lain hanya dengan Tom n Jerry satu ini,.
Uukkhhh, mau muntah gue liat kucing norak itu, ngilangi nafsu makan aja”, gerutunya dalam hati sambil berdiri “ Tante Vanya ke belakang, boleh?”.
Boleh dong Vanya, masak engga boleh” jawab Mama Vino.
Dengan senyum Vanya berjalan ke belakang, namun bukan ke kamar mandi tapi ia menghentikan langkahnya di pinggir kolam renang Vino. Ia mengungkapkan semua kekesalannya yang terpendam selama makan tadi, suasana yang sebenarnya nyaman bagaikan di padang pasir bagi Vanya.
 Huuu males banget sih makan malam kayak gini, bukannya makan malam gue malah makan hati, mana di depan mata ada si kucing norak lagi buat nafsu makan gue keganggu aja ” sambil melempari kerikil di kolam. namun Vanya tak menyadari bahwa dari tadi ada sepasang mata yang tengah mengawasinya dan mendengar semua ucapannya.
Eh tikus aneh, loe kira gue mau apa makan malam sama loe kayak gini, kalo bukan mama yang maksa gue juga engga mau mending gue emgga makan daripada makan bareng sama orang aneh kayak loe” Vino berucap dan mengejutkan Vanya.
Dasar norak denger ya emang gue sudi apa makan malam sama loe engga usah sok deh yah” Vanya balik membentak.
Udah deh Van engga usah munafik deh, emang itu pengen loe kan biar makan gratis, engga salah sih masakan mama gue kan emang enak”.
Seakan dipukul-pukul hati Vanya langsung bergetar saat mendengar ucapan Vino yang menyakitkan baginya,
Loe tu emang engga pernah berubah yah Vin dari dulu, selalu aja nuduh yang enggak-enggak soal gue, cukup ya Vin gue udah muak denger semua kata yang loe lontarin yang ngebuat hati gue sakit. Asal loe tau sikap loe yang kegeeran itu yang ngebuat gue jijik ngeliat loe dan karena ulah loe dulu sampe sekarang gue engga pernah berani ngucapin kata cinta sama orang lain, sikap loe itu ngebunuh rasa cinta gue sama orang lain. Coba kalau dulu loe engga kegeeran dan engga nyebarin sama semua temen-temen kalo gue suka sama loe, anak-anak engga mungkin pada ngejek gue, mereka engga bakalan musuhin gue, emang loe tu manusia engga punya hati, gue benci ama loe dan satu lagi asal loe tau gue engga pernah suka sama loe dari dulu sampai kapanpun.” Sambil menghapus air mata Vanya berlari meninggalkan Vino dan rumahnya. Mama dan papa Vanya pun heran mereka menjerit dan memanggil Vanya namun engga ada respon dari Vanya.                                                            
 Di balkon kamarnya Vanya merenung dan makin membenci Vino, teringat jelas memori menyakitkannya masa dulu. Dan begitu juga Vino semalaman ia tak dapat tidur karena ucapan Vanya tadi masih terngiang jelas di telinganya. Ada rasa bersalah dan menyesal dihatinya. Kini ia menyadari apa yang selama ini menjadi penyebab dia dan Vanya bagaikan Tom n Jerry.
Apa benar dulu aku ngelakuin semua itu, Tuhan wajar aja Vanya begitu benci setiap kali ngeliat aku, sejahat itu kah aku ? Vanya maafin aku, aku pengen kita temenan kayak dulu lagi” ada butiran bening menetes di pipi Vino saat ia menyadari akan semua hal yang terjadi selama ini, ia memiliki niat untuk minta maaf pada Vanya agar persahabatan mereka bisa kayak dulu lagi.
***                                                                                                                                        
  Hari ini adalah hari-hari yang sibuk bagi seluruh pengurus Osis karena lusa mereka akan mengadakan perpisahan anak-anak kelas XII. Di selang kesibukan itu Vino mencari Vanya karena beberapa hari ini semenjak makan malam itu dia selalu merasa bersalah dengan Vanya. Namun seharian ini dia engga melihat Vanya biasanya kan dia selalu saja ngebikin lelucuan di antara osis. Mata Vino tertuju pada seseorang yang sedang berdiri di tangga memasang dekorasi di sudut ruangan Vino mendekat dan benar itu Vanya.
Eeemm, Van” sambil mencolek betis Vanya.
Sontak Vanya kaget karena dia cuman memfokuskan untuk memasang dekorasi. Lalu ia terjatuh.
“ aaaawwwwwww” teriak
Vanya.
Saat ia membuka mata ternyata ia melihat Vino yang tengah memeluknya, Vanya menjerit dan langsung melepaskan diri.
Apa-apaan sih, engga usah kurang ajar yah”.
Maaf Van gue cuman mau nolongin loe”
“ OOO… yaa udah makasih” jawab Vanya dengan jutek.
Van, gue mau ngomong ama loe, mau yah” pinta Vino
Engga liat apa gue lagi banyak kerjaan, lagian tumben loe mau ngomong ama gue sorry, buat loe gue engga ada waktu”
Tapi Van gue cuman mau minta maaf aja ama loe, gue ngaku dulu gue emang salah gue juga udah tau kenapa selama ini loe selalu bersikap kayak gitu sama gue”
Syukur deh kalo loe udah nyadar, sorry yah gue lag sibuk”. Vanya sambil berlalu.
Vanya pergi tanpa menoleh lagi ke arah Vino, kebencian dan kekesalan makin meluncak hebat di hati gadis itu.
Kenapa Vin, tumben muka loe kayak gitu?” tanya Anggar.
Nggar, sekarang gue udah tau apa penyebab gue sama Vanya sampe kayak gini, gue nyesel Nggar, gue ngerasa bersalah banget”
Ya udah minta maaf aja”. Suruh Anggar.
Udah, tapi kayaknya Vanya udah beneran benci sama gue apa lagi gara-gara makan malam waktu itu pasti dia engga mau lagi sahabatan sama gue”. Jawab Vino dengan muka melasnya
Vino makin merasa bersalah apa lagi sejak makan malam waktu itu Vanya benar-benar seperti lenyap dari kehidupan Vino, engga ada lagi pertengkaran seperti biasanya, muka jutek dan mulut cerewetnya Vanya engga lagi ada dalam seminggu ini. Rasa rindu kemudian muncul di hati Vino dan ia menyadari tikus anehnya itu telah mengisi hari-harinya selama ini, dan disaat Vanya hilang dia bagaikan kucing yang tengah kelaparan mencari ikan.
***                                                                                                                                            
 Besok adalah hari perpisahan anak kelas tiga kesibukanpun memuncak di hari itu. Namun untungnya waktu istirahat pun selalu ada untuk mereka yang merasakan kelelahan.
“ cee ileeee Sisi asyik banget tuh ngobrol sama Anggar” goda Vanya pada Sisi yang dilihatnya tengah ketawa ketiwi bersama Anggar.
Apaan sih Van?”. Muka Sisi memerah
Ia nih Vanya ada-ada aja” timpal Anggar
Tapi Sisi tak menghiraukan mereka hidungnya tengah mengendus bau makanan kesukaannya, tekwan.
Tanpa basa basi lagi Vanya langsung melahap tekwan yang ada di depannya.
Waaahh,, kok kalian engga bilang sih kalo kalian beli tekwan”
Tekwan, itukan punya Vino van” ucap Anggar
Apa? Vino aduh kok kalian baru bilang sih, mana tekwannya udah habis lagi’’.             
   Ternyata Vino sudah ada di depan mereka, melihat mangkok tekwannya sudah kosong Vino hanya tersenyum. Tapi tak lama kemudian muka vanya berubah melas, ia berdiri sambil memegangi perutnya.
 Van loe kenapa ?” tanya Sisi.
Engga tau nih perut gue sakit, gue ke wc dulu yah”. Sambil terbirit-birit Vanya berlari menuju kamar kecil.
Sisi, Anggar dan Vino heran, tapi Vino ingat sesuatu.
Yaa ammpuuunnn,, tu tekwan kan gue kasih obat pencuci perut”. Vino sambil memukul  jidatnya
‘’ Kok bisa sih Vin?” tanya Anggar.
Iya, dari kemarein tu gue susah BAB, makanya tadi pas gue makan tekwannya gue kasih obat” jelas Vino.
Sementara itu Vanya dari tadi bolak balik kamar kecil dan setelah selesai dia langsung menghampiri Vino.
Eh Vino, emang jahat ya loe, dasar norak. Loe sengajakan bikin gue sakit perut kayak gini”.
Aduh Van sumpah gue emang engga bermaksud kayak itu tapi………
Penjeasan
Vino terputus, Vanya langsung menimpali “ Udah deh engga usah ngeles, denger yah Vin loe boleh benci sama gue, tapi engga gini caranya, dasar kucing norak.” Vanya memukul bahunya Vino sambil berlalu.
Kayaknya loe emang udah beneran benci Van sama gue, maafin gue yah?Vino hanya menyesal dalam hati.
****                                                                                                                                      
  Hari ini adalah puncak acara perpisahan kelas XII, semua tamu, wali murid dan siswa purnawisuda berdatangan. Tapi Vino engga ngeliat batang hidungnya Vanya.
Si, Vanya mana? Belum datang yah?” tanya Vino pada Sisi
Katanya sih hari ini dia engga dateng Vin, katanya dia sakit.”
Vino terdiam, dia berpikir Vanya sakit pasti karena kejadian kemarin.
Rangkaian acara pun telah terlaksanakan dengan baik, semua berjalan dengan lancar semua tamu bergiliran meninggalkan lapangan, suasana suka duka pun masih menghiasi acara perpisahan itu, begitu juga Vino di samping aula yan menghadap ke arah rerumputan hijau beraura sejuk itu dia duduk bersama Anggar dan menceritakan semua penyesalan terhadap sikapnya.
Vanya sakit Nggar pasti gara-gara gue yang sembrono naruh tekwan itu”
Tapi kan itu semua engga sengaja, kan tekwan itu kemarin bukan buat Vanya, dia aja yang engga bisa nyium bau tekwan sedikitpun main ambil aja.”
Vino hanya diam.
Gimana kalo kita jenguk ke rumahnya aja Vin”
Engga Nggar, dia pasti tambah sakit kalo ngeliat gue, dia kan udah benci banget sama gue. Jujur Nggar gue nyesel banget setelah gue denger omongan Vanya waktu makan malam itu pasti hatinya sakit banget gue juga nyesel udah buat dia takut ngomong kata cinta sama orang lain kayaknya dia trauma gara-gara gue. Gue kangen Nggar sama kejahilannya dia, cerewetnya dia, berantem sama dia, semuanya hilang dari kehidupan gue gara-gara waktu itu.” Vino menjelaskan tanpa ia sadari butiran bening menetes di pipinya.
Gue juga kangen sama kucing norak gue”.
Vino dan Anggar terdiam,  mereka terkejut siapa lagi yang punya kata-kata kucing norak untuk Vino selain Vanya.
Mereka berdua menoleh ke arah sumber suara, ternyata di belakang mereka sudah ada Vanya dan Sisi.
Vanya” Vino terkejut.
Ya, gue kangen sama berantemnya kita, hari-hari gue hampa kayak sayur tanpa garam kalo engga ada loe Vin”
Vanya, maafin gue yah gue ngaku gue salah dan soal tekwan itu…
Gue udah tau semuanya, gue juga udah tau apa yang sebenarnya yang terjadi waktu dulu, gue juga minta maaf yah udah salah nilai loe selama ini,”
Jadi, loe mau sahabatan sama gue lagi?” pinta Vino sambil memegang tangan Vanya.
Ah engga mau, nanti gue engga bisa berantem lagi sama loe”.
Vino melepaskan tangannya dari Vanya, ia kecewa mendengar jawaban Vanya.
Tapi, kalo loe mau traktir gue semangkuk tekwan tiap minggu gue mau sahabatan sama loe lagi” ucap Vanya sambil tersenyum.
Begitu gembira Vino mendengar ucapan Vanya hingga ia memeluk sahabatnya itu. “ Jangankan semangkuk, segerobakpun gue beliin”.
Ceeeeeee ileeeeeeeeee,,, suuiiittt… suuiiittt….”. riuh terdengar suara rekan-rekan osis yang ternyata sedari tadi melihat kejadian langkah itu tepuk tanganpun begitu meriah.
Ternyata gara-gara semangkuk tekwan Tom n Jerry jadi sahabatan” ucap Sisi yang dibarengi oleh tawa mereka yang melihat kejadian semua itu.

0 komentar:

Posting Komentar